My Blog

Jumat, 27 Januari 2023 12:53 WIB

KACAU SIH !! 3 Alasan Kenapa Orang Bisa Jahat Tanpa Merasa Bersalah


Pernahkah kalian terpikirkan, mengapa orang bisa berani untuk melakukan hal yang teramat sangat buruk? contohnya saja, mencuri, membunuh, memfitnah, selingkuh dan sebagainya. Apakah orang-orang tersebut tidak memiliki hati nurani? Artikel kali ini tidak bermaksud untuk mendiskreditkan orang-orang yang berbuat demikian, tetapi kita akan menggali lebih dalam apa alasan orang-orang berani melakukan hal tersebut menurut pendapat saya pribadi.

Alasan yang pertama adalah ego pribadi. Seringkali orang berani untuk berbuat hal yang mungkin bisa merugikan orang lain karena dia hanya mementingkan dirinya sendiri. Sebenarnya mementingkan diri sendiri itu sangat bagus dalam konteks yang berbeda, namun bukan berarti kita harus seenaknya mengabaikan hak orang lain untuk mendapatkan perlakuan atau sikap yang adil. Ego pribadi yang merugikan adalah ketika sudah berpotensi untuk merugikan atau menjatuhkan orang lain yang ada di sekitar kita. Contoh ego pribadi yang paling ketara adalah di dunia politik, ketika seorang politikus harus menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan pesaingnya agar dia bisa berkuasa.

Alasan yang kedua adalah cara berpikir yang sempit. Pola pikir adalah salah satu kunci kita dalam menjaga sikap dan perilaku kita sehari-hari. Banyak orang yang akhirnya melakukan hal-hal yang buruk hanya karena berpikiran sempit, contohnya hanya memikirkan diri sendiri, kesenangan sesaat, keuntungan pribadi, perasaan benci dan juga perasaan dendam. Tetapi sebenarnya cara berpikir yang luas adalah modal utama kita di dalam pengendalian diri, contohnya saja memikirkan dampak jangka pendek dan jangka panjang dari setiap hal yang kita lakukan, apakah itu memberikan sesuatu yang positif atau negatif di waktu yang akan datang. Selain itu pikirkanlah juga apakah dampak tersebut ada kemungkinan besar bisa berpengaruh juga pada orang-orang disekitar Anda.

Alasan yang ketiga adalah karena sudah terbiasa. Ketika seseorang pertamakali melakukan hal yang buruk, maka sudah sewajarnya dia akan merasa bersalah. Karena setiap manusia sebenarnya punya hati nurani yang mengajarkan kita untuk berbuat baik. Namun seringkali kita mengabaikan hal tersebut dan akhirnya jatuh kembali pada kesalahan yang sama. Awalnya mungkin ada perasaan bersalah, namun karena mungkin tidak diketahui orang lain, akhirnya kamu melakukan hal yang buruk kembali, kedua dan ketiga kalinya kamu merasa bahwa hal ini aman untuk dilakukan, maka yang terjadi selanjutnya adalah kamu akan terbiasa melakukan hal buruk tersebut karena kamu merasa bahwa itu adalah hal yang normal / lumrah. Ketika kebiasaan itu terus berlanjut, maka tanpa Anda sadari itu akan menjadi sebuah karakter dan akhirnya akan sulit lepas dari diri Anda. Suara hati nurani Anda pun semakin terdengar lebih kecil ketika Anda memberikan lebih banyak makanan kepada ego pribadi Anda.

Jadi teman-temanku sekalian, apabila saat ini kalian merasa ada hal-hal buruk yang pernah kalian lakukan, cepat-cepatlah untuk kembali ke jalan yang benar. Jangan berikan toleransi kepada hal yang buruk, itu akan menjadi sebuah kebiasaan apabila kamu terus mengabaikannya. Kita lahir dengan mempelajari setiap nilai-nilai kehidupan melalui agama, norma-norma sosial dan juga budi pekerti di dalam keluarga kita masing-masing. Tanamkanlah prinsip kebenaran selalu di dalam batin kalian yang terdalam, pupuk itu hingga nanti akhirnya bisa bertumbuh dan berakar kuat di dalam diri kalian masing-masing. Jadilah manusia yang bisa memberikan manfaat bagi diri kalian sendiri dan juga bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Semoga sharing ini bermanfaat.


Image placeholder

Salam Hangat

Terimakasih banyak telah telah membaca artikel ini. Saya berharap kamu bisa meninggalkan komentar agar kita bisa saling cerita, berbagi sesuatu atau hanya sekedar berkenalan. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya !

0 Comments

Leave a comment